Podcast Pemimpin bersama Dr. Carl Hastings – Klik disini untuk terjemahan dalam Bahasa Indonesia

(Klik pada tombol putar di bagian bawah halaman untuk mendengarkan podcast ini saat Anda membaca teks ini)

 

Dr. Carl Hastings: My name is Dr. Carl Hastings and I am the chief Science officer for Reliv International and I have been now for many, many years from the beginning actually. I was involved in helping form the company — one of the original investors — and been involved in many ways over the years.

Nama saya adalah Dr, Carl Hastings dan saya seorang Chief Science office untuk Reliv International, sudah lama bergabung sejak perusahaan ini berdiri. Saya turut terlibat dalam membantu mendirikan perusahaan ini – sebagai salah satu investor asli – dan telah terlibat dalam banyak hal selama bertahun-tahun.

My primary responsibility has been in research and development, manufacturing, quality control and those areas of the company. So in the beginning we had our products manufactured by an outside manufacturer and then we chose as the business developed to install our own operation and produce the products within our own facility.

Tanggung jawab utama saya adalah bagian penelitian dan pengembangan, manufaktur, kualitas kontrol dan apapun yang berkaitan dengan area tersebut di perusahaan. Jadi pada awalnya kami memiliki produk yang diproduksi oleh produsen luar dan kemudian kami memilih untuk mengembangkannya sebagai bisnis yang diproduksi dengan fasilitas kami sendiri.

And that was one of my responsibilities, to acquire the equipment and set it up properly and put the operating procedures in place and hire the staff and just make sure that we were able to produce the products in the form and manner and quality that was needed and certainly we demanded.

Dan itu adalah salah satu tanggung jawab saya, untuk memastikan memasang peralatan dengan benar sesuai dengan prosedur pengoperasian, serta mempekerjakan staf dan memastikan bahwa kami dapat menghasilkan produk dalam bentuk dan kualitas yang dibutuhkan. Dan tentu saja kami menuntut semuanya benar dan sesuai prosedur.

Part of my experience has been involved in industry prior to Reliv. I received my bachelors, masters and PhD in food science at the University of Illinois and upon graduation I accepted a position with Mead Johnson & Company which is the number one manufacturer of infant formula in the world today.

Pengalaman saya sebelum saya bergabung di Reliv. Saya menerima gelar sarjana, master dan PhD di bidang sains makanan di University of Illinois dan setelah lulus, saya menerima sebuah posisi di perusahaan Mead Johnson & Company yang merupakan produsen susu formula nomor satu di dunia saat ini.

And through that association and working with them at Johnson I became deeply involved in nutrition because obviously infant formula is one of the defining products in formulating nutrition for children and also additional products of the nutritional nature for adults that had special needs.  It was just a great experience for me; led me down the path to, frankly, where I am today.

Dengan memiliki pengalaman kerja di Johnson, menjadikan saya banyak tahu mengenai nutrisi karena jelas, formula bayi adalah salah satu produk yang merumuskan kandungan nutrisi untuk anak-anak dan juga produk tambahan dari nutrisi bagi orang dewasa yang memiliki kebutuhan khusus. Itu merupakan pengalaman luar biasa bagi saya; Membawa saya kearah yang tepat sampai di mana saya berada di hari ini.

And it operated at the highest level of quality and it exposed me to all the intricacies of what’s needed to produce products that are of the highest quality that we’re proud to share with people around the world including all of our great Reliv distributors.  That’s some of the background as to who I am, what I’ve done and how I ended up here at Reliv.

Dioperasikan dengan tingkat kualitas yang tinggi menjadikan saya melakukannya sesuai standard yang tinggi ketika kita ingin menghasilkan suatu produk dengan kualitas terbaik yang dapat dibanggakan oleh orang-orang diseluruh dunia termasuk semua distributor Reliv kami yang hebat. Itulah latar belakang tentang siapa saya, apa yang telah saya lakukan dan bagaimana saya sampai di sini di Reliv.

And as I said I was involved from the beginning by being one of the original investors and then put my experience and knowledge to work for Reliv including formulating most of the products.  The original product was formulated by Dr. Ted Kalogris and since then I’ve been in charge of putting the products together in formulation, production and quality control.

Dan seperti yang saya katakan, saya terlibat sejak awal dengan menjadi salah satu investor dan kemudian menempatkan pengalaman dan pengetahuan saya untuk bekerja di Reliv termasuk merumuskan sebagian besar produk. Produk aslinya diformulasikan oleh Dr. Ted Kalogris dan sejak itu saya bertanggung jawab untuk memastikan semuanya sesuai, baik dari formula, produksi maupun kualitas kontrolnya.

This includes all of those things that are necessary for us to produce these products that we’re so proud of and believe that they represent the highest quality and are certainly beyond reproach in the industry.  And we get obviously a lot of comments of a positive nature from our competitors even.  And of course all you great distributors over the years have been very complimentary.

Ini termasuk semua hal yang diperlukan bagi kita untuk menghasilkan produk-produk yang sangat kami banggakan dan percaya bahwa produk kami mewakili kualitas tertinggi dan tentunya tidak tercela dalam industri ini. Dan kita jelas mendapat banyak komentar positif dari pesaing kita. Dan tentu saja semua distributor hebat selama bertahun-tahun merasa diuntungkan.

And I might add that the reason that the comments that our products are so good is the fact that all of us who consume these products are getting great benefits and we hear those stories coming in on a daily basis.

Dan saya bisa menambahkan alasan mengapa tanggapan menganai produk kami begitu bagus karena memang kenyataannya bahwa kita semua yang mengkonsumsi produk ini mendapatkan banyak manfaat dan kita mendengar cerita-cerita tersebut masuk setiap harinya.

So there are a lot of rewards in this business as anyone involved will tell you, one of which is hearing those great stories about people or from people about how they’re being helped with just their daily lives – in some cases even some severe health conditions can be improved.  But don’t we don’t make any health claims but what we say is good nutrition can help everyone.

Jadi, ada banyak penghargaan dalam bisnis ini, siapapun yang mengenalkan ini, maka dia akan memberitahu anda, yaitu salah satunya mendengar cerita hebat tentang orang atau bagaimana seseorang merasa terbantukan kehidupan sehari-harinya – bahkan dalam beberapa kasus masalah kesehatan, akan menjadikannya lebih baik. Tapi kita tidak bisa mengklaim bahwa ini dapat menyembuhkan, yang dapat kami katakan bahwa nutrisi yang bagus dapat membantu semua orang.

Even though you think you may be healthy, you can certainly benefit from consuming these great nutritional products. And the reason that we’re confident they work is because we base our formulations’ strategies on the best available science that we can find out there in the industry.

Meskipun anda dalam keadaan sehat, anda tetap bisa merasakan manfaat dari produk nutrisi yang luar biasa ini. Dan alasan yang kami yakini bahwa produk ini bekerja adalah karena formulasi kami berdasarkan penelitian yang terbaik yang ada di industri ini.

We do a lot of in-house research, such as the literature and reports from journals and we have academic contacts that we stay in touch with, we have suppliers who are continually giving us great information about their products and we always demand they meet our specifications and provide us with the science behind the products that they are supplying.

Kami melakukan banyak penelitian, seperti literatur dan laporan dari jurnal dan kami memiliki kontak akademis yang tetap berhubungan dengan kami, kami memiliki pemasok yang terus memberi kami informasi bagus tentang produk mereka dan kami selalu meminta mereka memenuhi spesifikasi kami dan memberi kami ilmu pengetahuan di balik produk yang mereka berikan kepada kami.

And we take all of that information into account when we decide about a new product or even existing products.  Because we’re never satisfied that we’ve created the perfect product and so we’re continually looking at ways that we can improve it – finding better, newer, more responsible ingredients and/or suppliers.

Dan kami memperhitungkan semua informasi ketika kami memutuskan untuk mengeluarkan suatu produk baru atau bahkan produk yang ada. Karena kami tidak pernah puas bahwa kami telah menciptakan produk yang sempurna dan kami terus mencari cara untuk memperbaikinya – menemukan bahan dan / atau pemasok yang lebih baik, lebih baru, dan lebih bertanggung jawab.

So, but the bottom line is we try to produce evidence based nutrition. Evidence meaning that there’s a fair amount of science and evidence out there about the ingredients we use and you combine that with the great results that people are seeing and getting, as they consume these products, gives us a lot of anecdotal evidence that they are the great products and we believe they are.

Jadi, kesimpulannya kami mencoba menghasilkan nutrisi berbasis bukti. Bukti yang berarti bahwa ada cukup banyak penelitian dan bukti di luar sana tentang bahan yang kami gunakan dan disatukan menjadi suatu hasil yang hebat yang sekarang dapat anda lihat dan dapatkan, karena mereka mengkonsumsi produk ini, memberi kita banyak bukti nyata bahwa ini adalah Produk hebat dan kami percaya mereka.

And the reason that we think our products are set apart from the rest of the industry is because we pay so much attention to the details that I’ve just shared with you. We want to be sure that these products are of the highest quality. We consume them individually and our families consume them, our children.  Obviously we want you and our other consumers to feel very confident that what is stated on the label is what is there in the product.

Dan alasan mengapa produk kami terpisah dari industri lainnya adalah karena kami sangat memperhatikan detail yang baru saja saya bagikan kepada Anda. Kami ingin memastikan bahwa produk ini berkualitas tinggi. Secara pribadi kami mengkonsumsinya begitu juga keluarga kami serta anak-anak kami. Tentunya kami ingin Anda dan konsumen kami yang lain merasa sangat yakin bahwa apa yang tercantum pada label adalah apa yang ada dalam produk.

And we do an extreme testing program to make sure that’s the case, on the incoming materials, on the materials as they flow through the manufacturing systems and once they’re in the finished form in the cans, we still don’t release the product until it has been tested and meets the claims that we have represented.  It’s free of microbiological contamination.  It’s at the quality that you and I can feel safe and confident to consume.

Dan kami melakukan program pengujian yang ekstrem untuk memastikan itu, pada bahan baku yang masuk, pada saat bahan baku tersebut melewati sistem manufaktur dan begitu dalam bentuk jadi di kalengpun, kami tetap belum mengeluarkan produknya, sampai telah diuji dan memenuhi persyaratan yang sesuai. Produk kami bebas dari kontaminasi mikrobiologis. Dengan kualitas itulah Anda dan saya bisa merasa aman dan percaya diri untuk mengkonsumsi.

So the other thing that I would point out as one of the reasons that we’re so confident about our products is the fact that we have so many of them patented. We have a total of nine patented products – 10 when you count the one that Dr. Ted patented.

Jadi, hal lain yang akan saya tunjukkan sebagai salah satu alasan mengapa kami begitu yakin dengan produk kami adalah kenyataan bahwa kami memiliki begitu banyak bahan dan produk yang dipatenkan. Kami memiliki total sembilan produk yang dipatenkan – dari 10 salah satunya hasil karya Dr. Ted.

And we’re continuing to look at ways to expand that number. And we think the fact that they’re patented gives us protection because no one else can produce those formulas in the same form for twenty years after you’re granted a patent. So we have freedom from competition with most of our products as opposed to being produced by someone else.

Dan kami terus mencari cara untuk menambah jumlah itu. Dan kami pikir fakta bahwa mereka dipatenkan memberi kami perlindungan karena yang lainnya tidak ada yang bisa menghasilkan formula tersebut dalam bentuk yang sama selama dua puluh tahun kebelakang setelah Anda diberi hak paten. Jadi kita memiliki kebebasan dari persaingan dari produk lainnya yang beredar dipasaran.

And I think that gives us all a marketing advantage as we share these products with others, especially folks that are new to Reliv and don’t really understand the total picture and the story about Reliv.  So I always encourage people to use that patent advantage as a key component of their efforts to share these products with others that we have manufactured.

Dan saya pikir itu akan memberi kita semua keuntungan saat kita memasarkan  produk ini kepada orang lain, terutama orang-orang yang baru mengenal Reliv dan tidak benar-benar memahami keseluruhan gambar dan ceritanya tentang Reliv. Jadi saya selalu mendorong orang untuk menggunakan keunggulan paten itu sebagai komponen kunci dari usaha mereka untuk berbagi mengenai produk ini dengan produk lainnya yang telah kami produksi.

The other thing that I would mention is the fact that we’ve added in the last couple of years, a new ingredient and it’s the Lunasin material that we call LunaRich and the product we developed from that called LunaRich X. It’s the product that Dr. Galvez has discovered and it’s one of the leading components of the epigenetic phase that consuming our industry that’s growing by leaps and bounds and becoming such an important factor and how people view nutrition and how it might be used to increase health benefits for all of us.

Hal lain yang akan saya sampaikan adalah fakta yang telah kami tambahkan dalam beberapa tahun terakhir, ramuan baru dan ini adalah materi Lunasin yang kami sebut LunaRich dan produk yang kami kembangkan yang disebut LunaRich X ini adalah produk yang ditemukan oleh Dr. Galvez dan ini menjadi salah satu komponen utama fase epigenetik yang diperuntukan kepada industri kita yang tumbuh dengan pesat dan menjadi faktor penting bagaimana orang memandang suatu nutrisi dan bagaimana penggunaannya untuk meningkatkan manfaat kesehatan bagi kita semua.

We’re seeing that and all of us consuming the product have noticed benefits. And the fact that we have the only source of that material commercially available that has bio-availability.  We have demonstrated and tested and proved that it gets into the bloodstream and through that process it gets out to all phases of the body where it can be involved in gene control.  We know that it can turn on the good genes and turn off the bad genes in most cases.

Kami melihat itu dan kami semua yang mengkonsumsi produk ini telah merasakan manfaatnya. Dan fakta bahwa kita memiliki satu-satunya sumber materi yang tersedia secara komersial yang memiliki tingkat penyerapan yang sangat cepat. Kami telah menunjukkan dan menguji serta membuktikan bahwa reliv masuk ke aliran darah dan melalui proses itu, semua fase pada tubuh dapat terlibat dalam pengendalian gen. Kita tahu bahwa itu bisa mengubah gen yang baik dan mematikan gen buruk dalam banyak kasus.

We’re learning more everyday about that and that’s the exciting thing about this nutrition industry and why we’re wanting to stay in the forefront from a scientific standpoint and I believe that lunasin and Dr. Galvez give us some real advantages there.

Kami belajar lebih banyak setiap hari tentang itu dan itu adalah hal yang menarik tentang industri nutrisi ini dan mengapa kami ingin tetap berada di garis depan dari sudut pandang ilmiah dan saya yakin bahwa lunasin dan Dr. Galvez memberi kami beberapa keuntungan nyata di sana.

This is a dynamic changing industry and by no means do we believe that we’re at the end of the cycle where discoveries are going to be fewer and fewer. Quite the opposite as a matter of fact.  We’re learning every day the advantages that nutrition can provide.  It’s being accepted more by the medical community than maybe it ever has been and I think that will continue.

Ini adalah industri yang memiliki perubahan yang dinamis dan sama sekali tidak kami percaya bahwa kita berada di akhir siklus di mana penemuan akan semakin sedikit. Justru sebaliknya sebagai pemberi bukti. Kita belajar setiap hari dari keuntungan yang bisa diberikan oleh nutrisi. Penemuan ini  sudah diakui oleh orang-orang dibidang kesehatan dan belum pernah ada sebelumnya dan saya pikir penemuan-penemuan dari kami akan berlanjut.

And the good news is the interaction between the medical community and the nutritional community is moving closer and you see them working together and seeing the advantages of each performing in ways that provide great health benefits.  Really it’s just an exciting time to be involved in this industry.  Nutrition is so critical to the health of our country and your countries and to everyone that exists as a matter of fact.

Dan kabar baiknya adalah interaksi antara orang-orang kesehatan dan orang-orang nutrisi semakin dekat dan Anda melihat mereka bekerja sama dan melihat keuntungan masing-masing dengan cara yaitu memberi manfaat kesehatan yang baik. Sungguh merupakan saat yang menyenangkan dapat terlibat dalam industri ini. Nutrisi sangat penting bagi kesehatan negara kita dan negara Anda dan bagi semua orang yang ada sebagai fakta.

And it’s becoming more and more prevalent and obvious as to how we might impact that and expand it.  And we like to think that Reliv products are certainly one of the categories that can be quite important there and already is as a matter of fact.

Dan ini menjadi semakin dikenal dan mudah dipahami untuk kita mempengaruhi dan menyebarluaskannya. Dan kami suka berpikir bahwa produk Reliv satu-satunya yang memiliki kategori yang sangat penting dikarenakan banyaknya bukti pendukung.

Let me just conclude by saying that as you folks share this Reliv message around the world and especially in the Asia Pacific markets, know that we’re here in the corporate headquarters looking at ways that we can support and help you continue to provide these products at the same high-quality and in the same high-scientific manner that we have to date.

Mari saya simpulkan bahwa saat Anda berbagi informasi mengenai Reliv ini ke seluruh dunia dan terutama di pasar Asia Pasifik, ketahuilah bahwa kami berada di kantor pusat menyatakan bahwa perusahaan selalu mendukung dan membantu Anda terus untuk selalu menyediakan produk ini. Dengan kualitas yang terbaik dengan ilmiah yang terdepan dan sesuai standard yang kami berikan kepada anda.

Posted in Podcast - Health & Science.